1 EVERCOSS
    Dengan misi go internosianal smartphone lokal yang satu ini patut di acungi jempol.
Selain kualitasnya yang sudah terjamin, harga dan spesifikasi yang di tawarkanpun sangat" merakyat. Ya bagaimana tidak evercoss hadir di tengah masyarakat dengan harga yang murah dan spesifikasi yang mumpuni, dan kualitasnnyapun sangat terjamin.

2.Advan
    Smartphone buatan lokal yang satu ini tidak kalah saing dengan brand evercoss namuuuuuun melihat harga dan spesifikasi yang di tawarkan evercoss masih sedikit merakyat, namun advan pun tak kalah kualitasnya.

3.Smartfren
Smartphone buatan lokal yang satu ini pun tidak kalah saing dengan smartphone lokal lainnya. Dan menurutnya saya smartfren memberikan gadget" nya dengan harga sangat murah dan terjangkau. Hp 4G nya pun di bandrol dengan sangat murah.

4.Polytron
Brand yang satu ini tidak hanya memproduksi hp, namun memproduksi alat elektronik lainnya seperti kulkas, tv, ac dll dan kualitasnyapun sudah sangat terjamin.

5.Axioo
Brand yang satu ini tidak hanya memproduksi hp namun memproduksi laptop notebook dll. Yang saya salut dari brand satu ini sudah mampu membuat tablet 2 os yakni windroid.

6.Mito
Gag banyak yang harus saya komentar karena saya pernah kecewa membeli hp ini

7.Spc mobile
Brand yang satu ini belum terlalu banyak memproduksi smartphone namun, smartphone yang mereka buat sudqh menarik hati para konsumen.
Dengan ciri khas harga murah dan spesifikasi yang memadai spc mampu di perhitungkan untuk kedepan

Butuh kesadaran nasional untuk membantu produk nasional menjadi lebih baik. Sebenarnya brand" smartphone dalam negri sudah cukup baik. Namun peminat yang kurang sehingga mereka masih kurang percaya dalam memproduksi smartphone kelas atas